Sabtu, 12 Mei 2012

Tes Tupelgajel

Kalau ada award sekretariat kampus terusil sejagat raya, mungkin sekretariat kampus gw adalah salah satu nominatornya. Hal ini terbukti saat beberapa hari sebelum ujian semesteran (yang menurut seluruh mahasiswa adalah salah satu jalan setapak menuju roma, "ROh MelAyang") eh tiba-tiba sekre ngasih pengumuman bahwa di hari terakhir perkuliahan akan diadakan tes tupel (bukan TOEFL, mirip aja.. tanpa bayar lisensi). Jelas saat-saat menjelang ujian, mahasiswa pengen serius nyiapin diri buat ujian.. ada yang belajar, ada yang ngumpulin materi, ada yang baru berencana beli buku diktat (woi selama ini kemana woi!!), ada yang nyetabilo-in semua catetannya (bukan baca),ada yang ngejampe-jampe-in pulpen, ada yang nyekar ke makam leluhur, dan lain-lain dan lain-lain eh masih harus mikirin ujian tupel. Gw curiga ini adalah politik sekretariat untuk memecah perhatian mahasiswa *matamemicing.

Jangan dikira efek tes tupel dadakan ini hanya berakibat pada mental mahasiswa.. tidak.. tapi juga berefek terhadap jadwal kuliah yang harus digeser demi memberi waktu tes. Harusnya jumat siang gw ada jadwal kuliah, namun karena ada tes cilukba ini, jadwal kuliah harus digusur ke kamis malam. INGAT, KAMIS MALAM! dan sepertinya status kelas gw adalah kelas reguler... bukan kelas ekstensi tapi terpaksa harus menjalani kelas bersamaan dengan jam berlakunya three in one di sudirman. Dan efek kelas yang diajukan tadi memiliki dampak berganda.. tugas yang harusnya dipresentasikan hari jumat terpaksa diajuin juga.. dan ini juga menjadi drama tersendiri untuk kelas gw, mengingat sebagian besar (100%) populasi kelas gw adalah jenis mahasiswa "last minute attack". 

Dari awal gw udah agak antiseptik.. eh antipati terhadap tes tupel ini.. karena gw punya prioritas yang harus diutamakan menjelang ujian yaitu meratapi kemalasan belajar sepanjang semester ini daripada hanya memusingkan strategi ngadepin tes tupelgajel. Kamis malem, gw sms cheryl, temen gw yang udah jagoan tes tupel (jago ikut tes tupel meskipun skornya gak pernah masuk standar). Gw nanya, kira-kira kalo ada tes tupel dadakan, gw kudu nyiapin apa... eh dia jawab "Yang perlu lu siapin untuk tes tupel dadakan adalah seperangkat alat tulis luke!!". Iya sih, percuma juga gw baca materi TOEFL segede dunia akherat tapi pas ujian gw lupa gak bawa alat tulis. 

Akhirnya tibalah hari tes cilukba itu.. dengan semua persiapan terbaik yang bisa gw lakukan (baca: beli pensil 2B) gw tegar memasuki ruang pertandingan, eh ruang tes ding.. tiba-tiba BB gw bunyi.. ada notifikasi grup dari @indradin (temen sekelas gw) yang ngabarin kalo ujian ini hanya SIMULASI!!!! whaattt!!!!!!! tau gitu gw tadi gak usah bela-belain beli pensil!!! dan ngapain juga gw nervous sampe gak tidur siang sebelum tes.. ah crappp!!! SEGALA TOPAN BADAI PETIR UNTUK PANITIA!!!

Tiba-tiba @shiny800 masuk kelas sambil bawa tas gede banget, mungkin isinya buku materi TOEFL semua.. mungkin dia berharap tes tupelgajel ini sifatnya openbook (yaelaah emang ada gitu tes TOEFL boleh liat buku materi?). Panitia tes kemudian mengumumkan bahwa tes kali ini hanya simulasi, "anggap aja Joy Test buat adek-adek sekalian". gw langsung kepikiran semoga skor hasil joy test ini gak berhubungan dengan Joy flight nyungsep nabrak gunung. 

Sebelum mulai tes gw nyempatin ke toilet dulu... tes ini agak lama, jadi gak lucu aja kalo tiba-tiba di tengah tes gw kudu melambai-lambaikan tangan ke arah kamera infra red hanya karena kebelet kencing. Nah di toilet itu tiba-tiba Jo-Glo (anak kelas sebelah) bilang ke gw, "Luk, ntar jangan terlalu serius ngerjainnya. Kalo lu skornya ketinggian, skor gw gak bisa dikatrol jadinya." halah ini bocah sempat aja ngebanyol.. dikira hasil skornya bakal dikatrol biar bagus.. disamain nilai ujian kali.. ngasal euy hahahaha...

Seperti ujian lain, meskipun cuma Joy test, ujian tupel kali ini pake lembar jawaban komputer.. yang mana bahwasanya.. ini adalah jenis lembar jawaban yang paling gw benci. Dengan adanya LJK inilah gw sudah berikrar gak akan kepanjangan ngasih nama buat anak gw. Capek booosss!!! kenapaaaa dulu ortu gw ngasih nama panjang banget?!!! FRANSISKUS LUCKY ARIF WICAKSANA.. bisa jadi, gara-gara hanya mengisi bulatan nama di LJK, pensil 2B gw habis seketika!! Gak kebayang temen-temen sekelas gw macam @aeyogy, @triabdee, @supersempagmen mungkin perlu ekstra tambahan LJK hanya untuk menulis nama lengkap mereka hahahaha.. piss bray!!! 

Setelah pengumuman bahwa ujian ini hanya joy test, seketika suasana ruang ujian berubah jadi pasar tradisional yang penuh diisi pemain srimulat. Gw sempat bilang ke @andriachmed yang kebetulan duduk di belakang gw bahwa ujian kali ini akan ada penilaian aktivitas peserta, selain skor tupel, ada nilai bantuan yang diberikan kalo peserta aktif bertanya kepada panitia (eh disamain kalo lagi presentasi di kelas).
Menjelans selesai waktu tes, panitia ngasih pengumuman "waktu tinggal lima menit, peserta yang sudah selesai dipersilahkan..." gw langsung positif thinking mikir kelanjutan statement panitia akan "mengambil snack di luar ruang ujian".. ternyata tidak! lanjutan pengumuman itu adalah "dipersilahkan untuk memeriksa kembali jawabannya".. langsung gw lemes sambil mulut berbusa-busa.

Gak sombong ya bahwa semua jawaban sudah gw jawab.. (err.. bener atau salah sih bukan urusan gw, yang penting kejawab! cukuf!). Daripada bengong, gw coba ngecek jawaban-jawaban di LJK. Dan benar, ternyata ada jawaban yang menurut gw kurang pas.. (mo ngomong kurang bener kok gak enak ya.. toh bener atau salah ya gw gak ngerti). Refleks gw nengok ke @andriachmed, ambil penghapusnya dan menghapus nomor 14 yang gw kira "kurang pas" tadi. Errr... tolong diingat bahwa satu-satunya persiapan gw menjelang tes cilukba ini adalah "beli pensil".. gak termasuk penghapus atau rautan. untung teman dibelakang gw cukup memiliki logistik yang memadai. Setelah gw hapus, langsung gw buletin jawaban yang menurut gw "pas" (sekali lagi, gw gak berani bilang "bener"). "Yak! Waktu Habis!"... Nah sebelum gw ngumpulin lembar jawaban, gw coba ngecek semua jawaban gw.. dan gw curiga terhadap jawaban nomor 14. Perasaan tadi jawaban udah gw ubah, tapi kok masih di jawaban yang sama... jangan-jangan ada hantu pengubah jawaban di ruangan ujian. Gw cek lagi, dan beneran, gak ada bekas hapusan di nomor itu.. Gw cek lagi dan ternyata oh ternyata... gw salah ngeganti jawaban!!! yang harusnya gw ubah adalah nomor 14 di section III, tapi yang gw hapus dan gw ganti jawabannya adalah nomor 14 di section II... guwobloooookkkk!!!!! untungnya koperasi mahasiswa buka cabang di belakang gw (baca: bangku @andriachmed) ambil penghapus, benerin jawaban.. dan kumpulin.. taaaarrrraaaaaaaaa.. YANG PENTING SATU UJIAN SUDAH TERLEWATI!!!

3 komentar:

Inez Moimolle mengatakan...

gw gak pernah bosen nunggu cerita2 di blog sarap loe ini mas. Hahahaha... Sory klo gw blg sarap, krn memang demikian kenyataannya mas. :D

So, gmn hasil tes tupelnya?

otakkananluki mengatakan...

hahahahaa sarap ya nes? ah ga kok.. masih dalam batas normal kok "kegilaan" gw hehehehe.. ada gitu gila yang normal?

hasil tesnya? entah nes.. yang jelas gw lebih nunggu kabar baik dari elu daripada kabar hasil tes tupel gw hehehe *wink

Inez Moimolle mengatakan...

bhahaha... kabar baik apa?

Gw malah dpt kabar buruk dri abang Medan itu. Ternyta udah lama putus dia. Kasihan.. Pdhl kyknya dia sayang bgt sm si kakak. *turut berduka*

Opo Moral iku Mural?

Beberapa mural yang muncul bernada kritik kepada pemerintah dihapus sepihak oleh aparat. Pertama, mural adalah bentuk ekspresi, biasanya di ...